• NIGHT AUDIT DIBAHAS DITITIK BERATKAN PADA TUGAS-TUGAS FRONT OFFICE NIGHT AUDIT
• APAKAH NIGHT AUDIT ITU DAN APA TUGAS UTAMANYA ?
NIGHT AUDIT ADALAH BAGIAN DARI DEPARTEMEN FRONT OFFICE DAN ACCOUNTING YANG BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MEMBALANCING HASIL KERJA FRONT OFFICE ACOUNTING SERTA MEMBUKUKAN HASIL KERJA / TRANSAKSI DENGAN MEMBUAT RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN HARIAN KE MANAJEMEN DAN MELAKUKAN CLOSE THE DAY.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB NIGHT AUDIT :
• MEMPOSTING BIAYA KAMAR DAN PAJAK
• MEMPROSES SEMUA VOUCHER DAN KARTU KREDIT
• MEMPOSTING SEMUA TRANSAKSI PEMBELIAN TAMU YANG TERLUPA DIPOSTING OLEH FOC
• MENTRANSFER PEMBAYARAN DAN DEPOSIT KE DALAM MASTER ACCOUNT
• MEMERIKSA DAN MEMBENARKAN SEMUA ACCOUNT YANG SUDAH DIPOSTING DAN MEMBALANCE-KANNYA
• MEMONITOR KONDISI PALING AKHIR KUPON-KUPON, DISKON, & PROGRAM PROMOSI LAINNYA.
• MENCEK KEUNTUNGAN KAMAR,PERSENTASI TINGKAT HUNIAN KAMAR, DAN STATISTIK KANTOR DEPAN LAINNYA
• MEMPERSIAPKAN RINGKASAN YANG DIPEROLEH DALAM BENTUK CASH DAN KREDIT
• MEMBUAT RINGKASAN LAPORAN OPERASIONAL TERHADAP MANAJEMEN
• MENGERTI DAN MENGETAHUI DENGAN BENAR PRINSIP-PRINSIP AUDITING, BALANCING, DAN PENUTUPAN TRANSAKSI
• MENGUASAI ALAT BANTU KERJA YANG ADA
• MENGERTI DAN MENGETAHUI PROSES CHECK IN DAN CHECK OUT TAMU
PROSEDURE MENERIMA TAMU VIP (Handling VIP Guest)
PERSIAPAN SEBELUM TAMU VIP TIBA :
BEBERAPA HARI SEBELUM KEDATANGAN, KAMARNYA SUDAH DITENTUKAN YANG BAIK DAN DIBERI TANDA ( DI BLOCKING)
DAFTAR TAMU VIP/ VIP NOTICE / VIP RELEASE BEBERAPA HARI SEBELUMYA HARUS SUDAH DIDISTRIBUSIKAN KE SEMUA DEPARTEMEN AGAR MASING-MASING MEMPERSIAPKAN DIRI
BEBERAPA JAM SEBELUM KEDATANGAN, FOM /ASST. FOM MELAKUKAN CHECK TERAKHIR MEMASTIKAN SEMUANYA TELAH DIPERSIAPKAN DENGAN BAIK
SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN :
TAMU VIP DISAMBUT LANGSUNG OLEH PIMPINAN HOTEL DAN FOM, GRO
PENDAFTARAN DAN PENGANTARAN TAMU VIP DILAKUKAN LANGSUNG OLEH FOM/ GRO
PROSEDUR PENANGANNAN YANG LAIN SAMA DENGAN STANDART CHECK IN BIASANYA
PROSEDUR MENERIMA TAMU GROUP (Handling Guest Group)
SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN
ROMBONGAN DITERIMA DIRUANG TUNGGU ATAU DIRUANG KHUSUS YANG TELAH DISEDIAKAN
ROMBONGAN DISAMBUT OLEH FOM/GRO ATAU WAKIL DARI PIMPINAN HOTEL YANG SEDANG BERTUGAS
LANGSUNG DISEDIAKAN WELCOME DRINK UNTUK ROMBONGAN
PIMPINAN ROMBONGAN MENGADAKAN KOORDINASI DENGAN PIHAK HOTEL, SERTA MELAKUKAN PENDAFTARAN UNTUK SEMUA ANGGOTA GROUP
PIMPINAN ROMBONGAN MENGADAKAN BRIEVING KEPADA GROUPNYA PERIHAL FASILITAS YANG BOLEH DAN TIDAK DIPERBOLEHKAN DI HOTEL INI, SERTA RENCANA / JADWAL SELANJUTNYA
PIMPINAN ROMBONGAN MENYERAHKAN KUNCI SERTA MINTA MASING-MASING UNTUK MENERNDATANGANI DAFTAR NAMA YANG TELAH DISIAPKAN
PELAYANAN BARANG ( BELLBOY ) MENGANTAR TAMU KE KAMARNYA MASING-MASING
BARANG-BARANG TAMU DIKIRIM KE KAMAR SESUAI DENGAN NOMOR KAMAR YANG TELAH DITENTUKAN DENGAN MENCOCOKKAN DENGAN LUGGAGE TAG PADA MASING-MASING BARANG
MEMBERI TANDA PADA TAMU YANG DIHARAPKAN TIBA E/A
MEMBERI TANDA PADA RACK STATUS KAMAR
RECEPTION MEMPROSES DATA ROMBONGAN YANG BARU TIBA ( MEMASUKKAN PADA REGISTRATION RACK / RACK BILL )
MENANGANI BARANG TAMU CHECK-IN (GROUP) :
KOORDINASI DENGAN TOUR GUIDE PERIHAL JUMLAH BARANG BAWAAN TAMU
KUMPULKAN BARANG-BARANG DI SATU TEMPAT, CATAT DAN INFORMASIKAN KE TOUR GUIDE
GANTUNGKAN LUGGAGE TAG SESUAI DENGAN SI PEMILIK BARANG
KELOMPOKKAN BARANG-BARANG AGAR MUDAH DIANTAR KE KAMAR
ANTAR SEMUA BARANG TAMU KE SETIAP KAMAR SESUAI DENGAN DAFTAR YANG SUDAH DICATAT
MENANGANI BARANG-BARANG YANG AKAN DISIMPAN :
CEK BARANG YANG AKAN DISIMPAN
SIAPKAN LUGGAGE CHECK UNTUK SETIAP BARANG
BERIKAN SEPARUH DARI LAUGGAE CHECK KE TAMU/ PEMILIK
SIMPAN BARANG DITEMPAT YANG AMAN
ATUR BARANG SESUAI DENGAN URUTAN TANGGAL
SATU LUGGAGE CLAIN CHECK UNTUK SATU BARANG
LAPORKAN KE BELL CAPTAIN/ CONCIERGE UNTUK DICATAT DI LOOGBOOK
MENANGANI PENGAMBILAN BARANG YANG DISIMPAN :
MINTALAH BUKTI CLIM CHECK DENGAN SOPAN
KALAU HILANG TANYAKAN IDENTITAS TAMU
COCOKKAN LUGGAGE CLAIM CHECK TAMU
CHECK APAKAH TAMU MASIH ADA KEWAJIBAN TERHADAP HOTEL, INFO KE FOC
MENANGANI BARANG TAMU YANG CHECK-OUT (GROUP) :
AMBIL TROLLEY DAN SEGERA MENUJU KE KAMAR TAMU
KUMPULKAN BARANG SESUAI URUTAN KAMAR DAN CATAT
CHECK KE CASHIER APAKAH SEMUA KEWAJIBAN TAMU SUDAH SELESAI
BAWA BARANG-BARANG TAMU KE MOBIL DAN PASTIKAN CHECK DENGAN PEMILIK
PASTIKAN SEMUA BARANG TAMU LENGKAP DAN MINTAKAN PENGESAHAN DARI TOUR LEADER SECARA TERTULIS
LAPORAN KE BELLCAPTAIN/ CONCIERGE UNTUK DIAR
0 comments:
Post a Comment