IHS is my campus and located at: Jln. Adi Sucipto Street 190 solo 57145 Phone: (0271) 730088, 730808. Fax: (0271) 730808, 731392. Email: ihssolo@indo.net.id Website: www.ihs-indonesia.info

Monday, May 4, 2009

NIGHT AUDIT

• NIGHT AUDIT DIBAHAS DITITIK BERATKAN PADA TUGAS-TUGAS FRONT OFFICE NIGHT AUDIT

• APAKAH NIGHT AUDIT ITU DAN APA TUGAS UTAMANYA ?
 NIGHT AUDIT ADALAH BAGIAN DARI DEPARTEMEN FRONT OFFICE DAN ACCOUNTING YANG BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MEMBALANCING HASIL KERJA FRONT OFFICE ACOUNTING SERTA MEMBUKUKAN HASIL KERJA / TRANSAKSI DENGAN MEMBUAT RINGKASAN LAPORAN KEUANGAN HARIAN KE MANAJEMEN DAN MELAKUKAN CLOSE THE DAY.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB NIGHT AUDIT :
• MEMPOSTING BIAYA KAMAR DAN PAJAK
• MEMPROSES SEMUA VOUCHER DAN KARTU KREDIT
• MEMPOSTING SEMUA TRANSAKSI PEMBELIAN TAMU YANG TERLUPA DIPOSTING OLEH FOC
• MENTRANSFER PEMBAYARAN DAN DEPOSIT KE DALAM MASTER ACCOUNT
• MEMERIKSA DAN MEMBENARKAN SEMUA ACCOUNT YANG SUDAH DIPOSTING DAN MEMBALANCE-KANNYA
• MEMONITOR KONDISI PALING AKHIR KUPON-KUPON, DISKON, & PROGRAM PROMOSI LAINNYA.
• MENCEK KEUNTUNGAN KAMAR,PERSENTASI TINGKAT HUNIAN KAMAR, DAN STATISTIK KANTOR DEPAN LAINNYA
• MEMPERSIAPKAN RINGKASAN YANG DIPEROLEH DALAM BENTUK CASH DAN KREDIT
• MEMBUAT RINGKASAN LAPORAN OPERASIONAL TERHADAP MANAJEMEN
• MENGERTI DAN MENGETAHUI DENGAN BENAR PRINSIP-PRINSIP AUDITING, BALANCING, DAN PENUTUPAN TRANSAKSI
• MENGUASAI ALAT BANTU KERJA YANG ADA
• MENGERTI DAN MENGETAHUI PROSES CHECK IN DAN CHECK OUT TAMU

PROSEDURE MENERIMA TAMU VIP (Handling VIP Guest)

PERSIAPAN SEBELUM TAMU VIP TIBA :
 BEBERAPA HARI SEBELUM KEDATANGAN, KAMARNYA SUDAH DITENTUKAN YANG BAIK DAN DIBERI TANDA ( DI BLOCKING)
 DAFTAR TAMU VIP/ VIP NOTICE / VIP RELEASE BEBERAPA HARI SEBELUMYA HARUS SUDAH DIDISTRIBUSIKAN KE SEMUA DEPARTEMEN AGAR MASING-MASING MEMPERSIAPKAN DIRI

 BEBERAPA JAM SEBELUM KEDATANGAN, FOM /ASST. FOM MELAKUKAN CHECK TERAKHIR MEMASTIKAN SEMUANYA TELAH DIPERSIAPKAN DENGAN BAIK

SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN :
 TAMU VIP DISAMBUT LANGSUNG OLEH PIMPINAN HOTEL DAN FOM, GRO
 PENDAFTARAN DAN PENGANTARAN TAMU VIP DILAKUKAN LANGSUNG OLEH FOM/ GRO
 PROSEDUR PENANGANNAN YANG LAIN SAMA DENGAN STANDART CHECK IN BIASANYA

PROSEDUR MENERIMA TAMU GROUP (Handling Guest Group)

SAAT TAMU TIBA/ KEDATANGAN
 ROMBONGAN DITERIMA DIRUANG TUNGGU ATAU DIRUANG KHUSUS YANG TELAH DISEDIAKAN
 ROMBONGAN DISAMBUT OLEH FOM/GRO ATAU WAKIL DARI PIMPINAN HOTEL YANG SEDANG BERTUGAS
 LANGSUNG DISEDIAKAN WELCOME DRINK UNTUK ROMBONGAN
 PIMPINAN ROMBONGAN MENGADAKAN KOORDINASI DENGAN PIHAK HOTEL, SERTA MELAKUKAN PENDAFTARAN UNTUK SEMUA ANGGOTA GROUP
 PIMPINAN ROMBONGAN MENGADAKAN BRIEVING KEPADA GROUPNYA PERIHAL FASILITAS YANG BOLEH DAN TIDAK DIPERBOLEHKAN DI HOTEL INI, SERTA RENCANA / JADWAL SELANJUTNYA
 PIMPINAN ROMBONGAN MENYERAHKAN KUNCI SERTA MINTA MASING-MASING UNTUK MENERNDATANGANI DAFTAR NAMA YANG TELAH DISIAPKAN
 PELAYANAN BARANG ( BELLBOY ) MENGANTAR TAMU KE KAMARNYA MASING-MASING
 BARANG-BARANG TAMU DIKIRIM KE KAMAR SESUAI DENGAN NOMOR KAMAR YANG TELAH DITENTUKAN DENGAN MENCOCOKKAN DENGAN LUGGAGE TAG PADA MASING-MASING BARANG
 MEMBERI TANDA PADA TAMU YANG DIHARAPKAN TIBA E/A
 MEMBERI TANDA PADA RACK STATUS KAMAR
 RECEPTION MEMPROSES DATA ROMBONGAN YANG BARU TIBA ( MEMASUKKAN PADA REGISTRATION RACK / RACK BILL )

MENANGANI BARANG TAMU CHECK-IN (GROUP) :
 KOORDINASI DENGAN TOUR GUIDE PERIHAL JUMLAH BARANG BAWAAN TAMU
 KUMPULKAN BARANG-BARANG DI SATU TEMPAT, CATAT DAN INFORMASIKAN KE TOUR GUIDE
 GANTUNGKAN LUGGAGE TAG SESUAI DENGAN SI PEMILIK BARANG
 KELOMPOKKAN BARANG-BARANG AGAR MUDAH DIANTAR KE KAMAR
 ANTAR SEMUA BARANG TAMU KE SETIAP KAMAR SESUAI DENGAN DAFTAR YANG SUDAH DICATAT

MENANGANI BARANG-BARANG YANG AKAN DISIMPAN :

 CEK BARANG YANG AKAN DISIMPAN
 SIAPKAN LUGGAGE CHECK UNTUK SETIAP BARANG
 BERIKAN SEPARUH DARI LAUGGAE CHECK KE TAMU/ PEMILIK
 SIMPAN BARANG DITEMPAT YANG AMAN
 ATUR BARANG SESUAI DENGAN URUTAN TANGGAL
 SATU LUGGAGE CLAIN CHECK UNTUK SATU BARANG
 LAPORKAN KE BELL CAPTAIN/ CONCIERGE UNTUK DICATAT DI LOOGBOOK

MENANGANI PENGAMBILAN BARANG YANG DISIMPAN :

 MINTALAH BUKTI CLIM CHECK DENGAN SOPAN
 KALAU HILANG TANYAKAN IDENTITAS TAMU
 COCOKKAN LUGGAGE CLAIM CHECK TAMU
 CHECK APAKAH TAMU MASIH ADA KEWAJIBAN TERHADAP HOTEL, INFO KE FOC

MENANGANI BARANG TAMU YANG CHECK-OUT (GROUP) :

 AMBIL TROLLEY DAN SEGERA MENUJU KE KAMAR TAMU
 KUMPULKAN BARANG SESUAI URUTAN KAMAR DAN CATAT
 CHECK KE CASHIER APAKAH SEMUA KEWAJIBAN TAMU SUDAH SELESAI
 BAWA BARANG-BARANG TAMU KE MOBIL DAN PASTIKAN CHECK DENGAN PEMILIK
 PASTIKAN SEMUA BARANG TAMU LENGKAP DAN MINTAKAN PENGESAHAN DARI TOUR LEADER SECARA TERTULIS
 LAPORAN KE BELLCAPTAIN/ CONCIERGE UNTUK DIAR


Posted by admin at 7:34 AM Labels:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
eXTReMe Tracker

LANGUAGE OPTION