IHS is my campus and located at: Jln. Adi Sucipto Street 190 solo 57145 Phone: (0271) 730088, 730808. Fax: (0271) 730808, 731392. Email: ihssolo@indo.net.id Website: www.ihs-indonesia.info

Monday, May 11, 2009

HOTEL SPORT & RECREATION

SPORT & RECREATION FACILITIES
1. SWIMMING POOL
Adalah salah satu sarana olah raga yang lazim dimiliki oleh sebuah hotel berbintang, biasanya sebagai fasilitas hotel untuk para tamu yang menginap, tetapi fasilitas ini dapat juga dijadikan salah satu sumber income hotel juga dengan menjualnya kepada pengunjung non inhouse seperti dengan membuat member, langsung menjual tiket masuk kolam renang ketamu luar, menyewakan tempat dan fasilitas kolam untuk acara pesta, dll.
Sehingga pada awalnya swimming pool merupakan cost center, sekarang diubah menjadi revenue center. Yang menjadi perhatian kita adalah jangan sampai fasilitas untuk tamu inhouse ini jadi tidak nyaman untuk tamu hotel, maka kita benar-benar harus mempunyai strategi khusus agar kepentingan kedua belah pihak dapat berjalan seiring.

Fasilitas yang ada di swimming pool antara lain :
1. Locker/ Kamar ganti pakaian
• Locker biasanya dibagi dua yaitu locker pria dan locker wanita
• Locker/ kamar ganti ini dilengkapi dengan almari kecil-kecil tempat menyimpan barang-barang milik tamu, cermin, standing ashtray, waste basket/ keranjang sampah.

2. Foot bath/ tempat mencuci kaki
• Sebelum pengunjung kolam masuk kedalam swimming pool, sebaiknya melalui foot bath ini agar kotoran yang menempel di kaki dapat hilang disini sehingga air kolam tidak kotor karenanya.

2. Pool Towel
• Adalah handuk khusus untuk para tamu yang berenang. Handuk/ towel ini lazimnya dibedakan dengan towel untuk kamar, towel yang dikolam biasanya berwarna biru muda dan mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan dengan room towel karena biasanya dipakai oleh pengunjung renang sebagai selimut badan atau alas untuk tiduran di kursi panjang / lazy chair kolam pada saat berjemur.

4. Parasol
• Biasanya berbentuk menyerupai sebuah paying yang besar dan dilengkapi dengan meja serta kursi beberapa buah, dipakai pada saat tamu lelah berenang mereka istirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman yang dipesannya.

4. Lazy chair
• Yaitu kursi panjang yang terbuat dari kayu atau plastik, tempat duduknya bisa dari karet, kulit sintetis, fiber, dll. Kursi ini dipakai untuk berjemur atau sekedar istirahat sambil menikmati suasana dan udara terbuka yang segar

6. Ashtray
• Agar puntung rokok serta abunya tidak kemana-mana atau bisa masuk ke kolam sehingga mengotori air kolam. Ashtray ini biasanya diletakkan di setiap meja dimana parasol berada, dan untuk beberapa titik disekita kolam juga diberi standing ashtray terutama di pintu masuk kolam.

7. Toilet
• Biasanya disediakan dua buah toilet untuk pria dan wanita dan berada didekat kolam, sehingga pada waktu pengunjung kolam igin buang air kecil dapat memanfaatkan toilet ini, dan tidak buang air di dalam kolam.

8. Shower room
• Adalah tempat mandi yang dilegkapi dengan shower/ pancuran,ada dua disediakan yaitu untuk pria dan wanita. Shower room dilengkapi dengan mirror, dressing table untuk berhias, waste basket. Shower room ini biasanya dipergunakan oleh para pengunjung kolam yang sudah selesai berenang untuk bilas dengan shower supaya bersih.

9. Pool side bar counter and pool side restaurant
• Para tamu/ pengunjung kolam renang dapat memesan makanan dan minuman ringan disini dan menikmatinya dibawah parasol sambil melihat suasana kolam dan apabila belum puas berenang bisa masuk lagi kekolam. Biasanya menu yang ada di sini hanya menu yang ringan saja, apabila akan memilih menu yang lain , tamu bisa memesan melalui room service. Untuk billingnya, apabila inhouse guest dapat charge to room saja, tamu tinggal sign saja di bill/ tagihannya, tapi kalau tamu bukan inhouse dapat membayarnya melalui waiter yang mengantar makanan/ minuman tersebut secara cash/ kartu kredit.

10. Pool counter
Merupakan tempat standbynya pool attendant yang siap melayani para pengunjung pool dan juga mengawasi keselamatan pengunjung di kolam renang. Pool counter dilengkapi dengan :
 Cupboard untuk menyimpan pool towel
 Telephone, sebagai alat komunikasi dengan seluruh bagian di dalam hotel maupun dengan pihak luar hotel.
 Pool Book, yaitu untuk mencatat tamu-tamu yang sedang berenang setiap hari, jadi pool book ini berisi :
 Tanggal/ date
 Nomor urut/ number
 Nama tamu/ guest name
 No.kamar tamu/ room number
 Child/ Adult (anak/ dewasa)
 Jumlah handuk yang dipinjam (pool towel)
 Pengembalian handuk (return)
 Guest signature bila mengembalikan handuk
 Pool attendant log book, adalah sarana komunikasi antar pool attendant antar shift, disini dicatat segala sesuatu yang harus diketahui oleh semua petugas.


11. Test kit
Adalah alat pengetes kadar PH dan CHLOOR dalam air kolam renang. Biasanya terbuat dari kaca atau acrylic bening yang berbentuk tabung sebanyak 2 buah berdampingan dan sebelah kanan dan kiri masing-masing tertera skala indicator warna yang menunjukkan ambang batas “ KURANG, IDEAL dan OVER “ baik kadar PH maupun CHLOORnya.


PH air yang ideal adalah antara 7,2 - 7,6 dan
Chloor yang ideal adalah 1,2 - 1,6.


Cara mengetes kadar PH dan chloor yang benar adalah : dengan memasukkan tes kit kedalam air lebih kurang 60 cm sehingga bejana berhubungan tadi akan terisi air. Air dalam bejana ditetesi obat chlorine test, dan bejana yang lain ditetesi obat phenol red masing-masing 5 tetes. Bejana bagian atasnya ditutup rapat-rapat dengan karet penutup dan kemudian dikocok sehingga obat bercampur dengan air.

Akan terlihat air dalam bejana tadi jadi berwarna tertentu. Cocokkan warna tadi dengan data yang ada disamping bejana. Disitu akan terlihat berapa kadar PH maupun chloornya. Warna ideal kadar PH adalah merah muda. Warna ideal kadar chloor adalah putih kekuning kuningan. Pengecekan dilakukan 2x sehari, pagi dan siang.


12. Kotak PPPK
Perlengkapan ini sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan baik bagi tamu yang berenang maupun bagi ptugas kolam renang itu sendiri.Kotak ini dilengkapi dengan berbagai obat dan peralatan yang diperlukan, seperti betadine,kassa steril,plester,obat gosok ( balsam ) dll. Adapun jenis kecelakaan yang sering terjadi adalah; misalnya tergelincir dan jauth ditepi kolam renang, kejang kaki atau perut.

12. Alat penolong lainnya
Alat-alat penolong kecelakaan ,misalnya tongkat,tali dan pelampung sangat diperlukan untuk menolong tamu yang kejang urat saat berenang.Petugas swimming pool,disamping bertugas sebagai pool attendant yang melayani tamu-tamu yang berenang, juga bertindak sebagai pool guard,yang setiap saat harus siap memberikan pertolongan bagi tamu-tamu yang mengalami kecelakaan,maupun membantu tamu-tamu yang belum dapat berenang atau baru belajar berenang.

14. Peralatan pembersih
Alat-alat pembersih untuk merawat kolam renang,seperti sikat vacuum, cleaner dan selangnya,skinner, tabung filter, strainer, rubber glove,masker,hand brush dan scot bright. Sedangkan alat untuk membersihkan areq disekitar kolam renang adalah broom, dust pan, mop dan pail.

15. Obat-obatan/ chemical
Obat-obatan yang dipakai untuk merawat kolam renang dan area sekitarnya adalah kapurit, HCI, ameral, Bolt, MPC, Fast-Go, Applied 4000, Go Getter. Kesemuanya itu untuk membersihkan dinding dan lantai disekitar kolam renang. Alat yang lain adalah waste basket.

Posted by admin at 10:12 AM Labels:

1 comments:

Anonymous said...

Thanks atas infonya, bagus..

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
eXTReMe Tracker

LANGUAGE OPTION