Cleaning Process (MERAWAT KOLAM RENANG)
Agar kondisi kolam selalu bersih, indah dan menarik, kolam renang harus dirawat setiap hari sehingga kotoran yang ada dapat diatasi. Jenis–jenis kotoran yang ada di swimming pool antara lain ;
1. Kotoran yang terapung diatas air
2. Kotoran yang berbaur dengan air
3. Kotoran yang menempel di dinding kolam
4. Kotoran yang mengendap didasar kolam
Cara pemeliharaan swimming pool adalah sebagai berikut :
A. Kotoran yang terapung diatas air dibersihkan dengan cara menyaring/ mengambil kotoran terasebut dengan strainer
B. Kotoran yang menempel pada dinding kolam disikat dengan hand brush atau digosok dengan scot bright yang telah dibumbuhi obat pembersih (Fast Go/ Applied 4000).
C. Kotoran yang mengendap di dasar kolam renang divacuuming
Cara vacuuming :
1. Tancapkan selang vacuum cleaner pada sikat vacuum
2. Selang vacuum cleaner diisi air sampai penuh dengan membenam-membenamkannya ke dalam kolam
3. Tancapkan ujung selang yang lain pada skinner/lubang saluran penghisap air ke tabung mesin filter
4. Matikan power mesin filter
5. Tutuplah kran sirkulasi dan kran pembuangan air
6. Buka kran vacuuming
7. Power mesin filter dihidupkan kembali
8. Vacuuming dilakukan secara merata, dimulai dari bagian yang paling dangkal, menuju kebagian yang paling dalam
9. Setelah selesai matikan power mesin filter
10. Tutup kran untuk vacuuming dan buka kran sirkulasi air
11. Hidupkan lagi power mesin filter sehingga kotoran-kotoran yang berbaur/bercampur dengan air dikolam renang masuk ke mesin filter dan kemudian keluar lagi dalam kondisi bersih
Yang perlu diperhatikan disini adalah :
1. Setiap melakukan pemindahan handle klep pada mesin filter, power harus dalam keadaan mati (off)
2. Bila filter sudah kotor maka harus dibersihkan. Caranya, tutup semua kran. Buka kran pembuangan air ( dapat dilihat dalam air yang kelihatan pada bagian atas mesin filter ). Setelah bersih, kran pembuangan air ditutup dan kran sirkulasi dibuka kembali
3. Strainner/ saringan yang terdapat dibagian bawah mesin filter sebagai penampung kotoran perlu dibersihkan setiap saat dengan terlebih dulu menutup kran yang ada, tanpa kecuali. Setelah itu buka saringan tersebut dan kemudian bersihkan
4. Agar kondisi air dalam kolam renang tetap sehat dan bersih perlu adanya perawatan secara kontinyu dengan member obat khusus untuk memelihara air kolam, berupa kaporit 8-10 ons untuk 100 m3 air, dan ditambah HCI bila kondisi air menurun, yang tampak pada warnanya yang kehijauan
Cara memberi obat kapurit :
1. Ambil kapurit sesuai ukuran, taruh ke dalam ember
2. Ember diisi air bersih sampai penuh, aduk kapurit hingga larut
3. Diamkan adonan tersebut 15 menit hingga larutan kapurit mengendap
4. Air adonan yang jernih dalam ember dituang kedalam kolam dekat lubang sirkulasi air
5. Endapan kapurit dalam ember dicampur air lagi, diaduk sampai rata, didiamkan/ diendapkan selama 15 menit
6. Air kapurit yang jernih dituang kedalam kolam pada bagian lain dekat lubang sirkulasi air
7. Ulangi sampai 3x, dan kali yang terakhir, tuangkan semua sisa kapurit kedalam kolam renang
Pemberian kapurit dilakukan secara rutin setiap hari, pagi hari sebelum digunakan oleh tamu, dan sore hari setelah swimming pool ditutup. Bila pemberian obat terlambat maka air akan menjadi tidak sehat dan membahayakan para tamu.
Ciri-ciri/ tanda-tanda air kekurangan obat :
Air berwarna biru kehijauan
Bila untuk berenang, kulit akan terasa gatal
Bakteri/ binatang-binatang kecil hidup didalam kolam
Sebaliknya, bila air kelebihan obat :
Warna air menjadi biru tua
Berat jenis air menurun
Bila dipakai untuk berenang, mata akan terasa pedas menjadi kemerah-merahan sedangkan kulit akan terasa panas/ perih.
Melayani tamu Swimming Pool
Seperti sudah dibahas didepan, pengguna swimming pool terdiri dari :
Tamu hotel, yaitu tamu-tamu yang menginap dihotel tempat swimming pool itu berada. Tamu hotel yang menggunakan fasilitas swimming pool ini tidak dipungut biaya (free of charge). Para tamu ini cukup menunjukkan kunci kamar atau guest pass port kepada petugas swimming pool untuk meminjam pool towel.
Cara melayaninya :
Begitu tamu datang, sambut dengan greeting yang ramah
Tanyakan nomor kamar tamu
Tulis nama tamu dan nomor kamarnya dalam pool book
Berapa jumlah handuk ( pool towel ) yang mau dipinjamnya
Berikan handuk sesuai permintaan tamu
Awasi/ pantau selama tamu berenang, mungkin ada order tambahan, misalnya minta ashtray, lazy chair atau makanan dan minuman. Order ini harus segera dilayani.
Order makanan dan minuman dapat disampaikan kepada petugas/ waiter pool side restaurant/ bar, atau disampaikan kepada room service untuk ditindaklanjuti. Setelah tamu selesai berenang dan mengembalikan pool towel, mintalah untuk membubuhkan tanda tangan dalam pool book sebagai bukti bahwa tamu telah mengembalikan pool towel.
Jangan lupa mengucapkan terima kasih saat tamu meninggalkan swimming pool.
Tamu yang tidak menginap di hotel (out side guest )
Cara melayaninya :
Sambutlah tamu dengan greeting
Tanyakan voucher/ tiket kepada tamu
Bila belum membawa, mohonlah untuk membeli tiket terlebih dahulu di Front Office Cashier ( FOC ). Biasanya pada voucher/ tiket terdapat extra soft drink. Jadi tamu luar yang berenang akan mendapatkan minuman secara cuma-cuma. Namun ada juga hotel yang menerapkan kebijakan bahwa tamu luar yang berenang dengan membeli tiket tidak diberi soft drink gratis
Tulis dalam pool book nama tamu serta jumlah towel yang dikehendaki
Tanyakan juga jenis soft drink yang mau dipesan (bila tertera pada tiket)
Layani permintaan tamu
Ucapkan terima kasih ketika tamu meninggalkan swimming pool.
Disamping itu pool attendant juga bertugas menjaga kebersihan sekitar swimming pool serta bertanggung jawab terhadap pool towel/ handuk yang digunakan oleh para tamu. Setelah tamu selesai berenang, semua pool towel dikumpulkan dan dibawa ke linen room untuk ditukarkan dengan pool towel yang bersih.
Kerusakan pada perlengkapan swimming pool harus segera dilaporkan kepada supervisor agar dibuatkan work order ( WO ) kepada Engineering Department untuk segera diperbaiki. Jika ditemukan barang milik tamu yang tertinggal dipool area segera laporkan kepada supervisor untuk disimpan di Housekeeping Office bagian lost and found, supaya apabila ada tamu yang mencari segera dapat diberikan.
B. FITNESS CENTER
PENGERTIAN :
Sebuah hotel yang sedang/ besar biasanya dilengkapi juga dengan fasilitas olah raga lain antara lain fitness center. Adalah sarana olahraga indoor yang dilengkapi dengan peralatan-peralatan khusus yang dapat dipergunakan untuk melatih dan membentuk otot agar senantiasa bugar dan kuat. Selain tersedianya peralatan, juga ada trainnernya atau fitness attendant yang siap memberi petunjuk bagi pengguna jasa fitness center dalam menggunakan peralatan yang ada serta bimbingan bagaimana melatih otot tubuh dengan benar, sehingga terhindar dari resiko cidera karena salah dalam melakukan gerakan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis fitness ini antara lain :
1. TEMPAT LUAS & NYAMAN
Jika menginginkan fitnes kita besar dengan pelanggan banyak, siapkan tempat yang luas bisa menampung member yang banyak, dengan fasilitas pendukung yang baik seperti sirkulasi udara yang baik dan sehat, bersih, ruang ganti/ loker yang bersih dan nyaman dan aman, menyediakan barang-barang yang sering dibutuhkan pengunjung, dll
2. LAYOUT YANG BENAR
Dengan penataan layout yang benar, akan membuat suasana didalam ruangan menjadi lebih rapi , peletakan alat diatur berdasarkan fungsi masing-masing peralatan
ALAT STANDART FITNES
Pilihlah alat yang memang standart untuk fitnes, jangan pakai alat fitnes yang dipakai untuk pribadi, kalaupun pakai pribadi biasanya untuk selingan saja seperti airwalker, treadmil, sepeda , power rider, dsb bisa saja pakai second asal masih baik dan layak, karena alat barupun yang beginian dipakai berapa hari sudah sama kondisinya dengan yang second. Alat lain seperti katrol, butterfly, legpress, rowing, dll harus yang standart fitnes karena ini yang pokok
4. MANAGEMEN (ORANG DAN PENGELOLAANNYA)
Jangan salah pilih instruktur dan karyawan yang nakal, karena bisa banyak bocor pendapatannya, buat SOP dan PNP nya serta awasi dengan benar, jangan sampai ada peluang untuk tindakan penyelewengan. Sebaiknya semua jenis pembayaran harus melalui FO cashier, atau langsung lewat accounting.
Berikut contoh peralatan yang ada
untuk sebuah fitness center :
Cabel Crosover 2 beban 75 kg
Lat pull Down beban 75 kg
Butterfly beban 75 kg
Leg Press extra beban 50 kg
Smith Machine extra beban 50 kg
Leg curl & Ext beban 75 kg
Rowing beban 75 kg
Chest press beban 75 kg
Treadmill manual
Treadmill manual
Sepeda Statis
Sit Up besar
Bench press Incline
Bench press Decline
Bench Press Flat
Dumbell set 4-20 kg
Rak Dumbell
Stick barbell 3 bh ukuran 2 m
Stick Curl bar 1 bh
Stick Tricep 1 bh
Barrbell 200 kg
Stick dumbel 2 bh
C. MASSAGE & SPA
Salah satu yang juga dikelola dibawah MOD adalah Massage/ Pijat & Spa
MASSAGE:
Adalah jasa yang diberikan oleh juru pijat/ masseur untuk memijat/ mengurut badan para tamu yang inhouse, membuat badan segar kembali setelah melakukan aktifitas yang melelahkan. Massage sendiri ada beberapa macam antara lain :
Massage untuk kebugaran/ capek-capek
Memijat seluruh bagian tubuh dengan diurut menggunakan minyak urut untuk melemaskan otot-otot yang kaku, mengembalikan otot ke jalur yang seharusnya sehingga badan terasa segar kembali
Massage refleksi
Memijat pada titik-titik tertentu bagian dari anggota tubuh seperti telapak kaki, telapak tangan dimana titik tersebut merupakan simpul syaraf yang berhubungan keseluruh organ kita, terutama organ bagian dalam
Totog
Hampir sama dengan pijat refleksi, bedanya pada titik titik tertentu bagian tubuh di totog/ ditekan-tekan secara terus menerus lalu berpindah dari titik satu ke titik yang lain. Gunanya agar peredaran darah menjadi lancer, sehingga supply makanan dan oksigen lancer keseluruh tubuh, utamanya di daerah kepala.
0 comments:
Post a Comment