PENGERTIAN :
Minor Operating Department atau disingkat MOD, atau ada yang menyebut dengan istilah Other Operating Department ( OOD ).
MOD disini yang dimaksud adalah salah satu bagian dari beberapa bagian / departemen yang ada pada sebuah hotel, yang berpotensi mendapatkan income selain dari Room dan F&B.
Kita ketahui bersama bahwa organisasi sebuah hotel terdiri dari beberapa departemen sesuai besar kecilnya sebuah hotel, yang kemudian dibagi menurut revenue/ income-nya atau kemudian disebut sebagai “ REVENUE CENTER ”.
Income/ revenue hotel terbesar biasanya didapatkan dari revenue Room/ Kamar FO Division dan dari Food & Beverage ( F&B ), sehingga bisa disebut sebagai Major Revenue, sedangkan Income hotel yang lain dengan kontribusi yang lebih kecil berasal dari beberapa outlet/ fasilitas hotel yang lain yang kemudian disebut sebagai Minor Revenue.
Walau demikian MOD sangat penting keberadaanya di sebuah hotel, karena di MOD semua fasilitas yang diperlukan oleh tamu untuk menunjang bisnisnya serta kemudahan bagi tamu untuk mendapatkan segala kebutuhannya ada dan dihandle oleh MOD.
Sekarang ini banyak pelaku bisnis yang menentukan pilihan akomodasinya karena adanya pertimbangan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah hotel yang dapat memenuhi keperluan bisnisnya, selain kamarnya yang nyaman.
MOD yang kita ketahui ada beberapa tergantung besar-kecilnya hotel, ada yang khusus dikelola sebagai sebuah departemen tersendiri, ada pula yang tergabung di dalam sebuah departemen yang lebih besar. Section/ bagian yang ada antara lain sebagai berikut :
1. Bussiness Center
Telephone & Fax
Car Rental
Ticketing
Pengetikan
Computer Rental
Internet Connection
Notulis, dll
2. Sport & Recreation
Swimming pool
Tennis court
Golf
Health & Fitness Center
Massage & Spa
Salon & Barbershop
Billiard
Arung Jeram, dll
3. Laundry & dry cleaning
House Laundry
Guest Laundry
Yang menjadi pertimbangan banyaknya fasilitas yang ada juga ditentukan oleh :
Besar kecilnya hotel
Fasilitas yang dimiliki
Dana yang tersedia
Tempat yang ada
Letak geografis
Policy / Kebijakan Managemen hotel
MERUPAKAN BAGIAN PENTING DI HOTEL, YANG MEMPUNYAI TUGAS UTAMA MENYEDIAKAN KOMUNIKASI SAMBUNGAN TELEPHONE, BAIK INTERNAL MAUPUN EKSTERNAL
INTERNAL :
SAMBUNGAN/ KOMUNIKASI ANTAR BAGIAN YANG MASIH DIDALAM LINGKUP HOTEL.
EKSTERNAL :
SAMBUNGAN/ KOMUNIKASI DENGAN PIHAK LUAR BAIK ITU LOKAL/ INTERLOKAL/ SLI (SAMBUNGAN LANGSUNG INTERNASIONAL)
OPERATOR TELEPHONE SEBAGAI UJUNG TOMBAK PERUSAHAAN
• DIKATAKAN DEMIKIAN KARENA PARA PETUGAS DI BAGIAN INI (OPERATOR TELEPHONE) MEMEGANG PERAN SEBAGAI PENYAMBUNG LIDAH ANTARA PIHAK PERUSAHAAN DENGAN PIHAK LUAR.
• SEORANG OPERATOR HARUS MAMPU MEMBERIKAN CITRA BAIK BAGI HOTEL, LEWAT SUARANYA, DAN TATA CARA BER-TELEPHONE YANG BAIK.
• SEORANG OPERATOR HARUS MENGUASAI SELUK BELUK TELEPHONE, BAIK LOKAL/ INTERLOKAL MAUPUN SLI. JUGA HARUS MENGUASAI PERALATANNYA (PROSEDURE KERJA SWITCHBOARD), MAMPU MENGHITUNG BIAYA PERCAKAPAN SECARA MANUAL, HAPAL NOMOR EKSTENTION TELEPHONE HOTEL, MAMPU MEMBUAT LAPORAN.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB OPERATOR
• BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP SEMUA TELEPHON MASUK MAUPUN KELUAR. KALAU TERPAKSA MELAKUKAN PENUNDAAN LAYANAN, MAKA HARUS SESINGKAT MUNGKIN
• MEMBANTU SISTIM OPERASIONAL KOMUNIKASI HOTEL AGAR BERJALAN LANCAR
• MENERIMA PESAN-PESAN DARI TAMU UNTUK DITINDAK LANJUTI HINGGA TUNTAS
• MENGERJAKAN WAKE UP CALL
• MELAKUKAN PANGGILAN/ PAGGING
• HAFAL NOMOR-NOMOR PENTING PANGGILAN DARURAT ( PEMADAM KEBAKARAN/ KEPOLISIAN SETEMPAT/ RUMAH SAKIT TERDEKAT, DLL )
• MENGETAHUI DENGAN PASTI NOMOR EXTENTION PARA PEJABAT HOTEL/ DEPT.HEAD, INFORMASI TENTANG FASILITAS HOTEL, ACARA YANG SEDANG DIADAKAN, ATAU FASILITAS LAIN YANG DISEDIAKAN PIHAK HOTEL.
• MEMONITOR MUSIK DAN PROGRAM VIDEO SESUAI DENGAN JADWAL
• MEMPUNYAI PENGETAHUAN YANG LUAS DAN MENGUASAI SEMUA ALAT KERJA DI OPERATOR
• MENJAGA AGAR RUANG OPERATOR SELALU BERSIH DAN RAPI
• MENGGUNAKAN SUARA HOTEL “VOICE BY HOTEL” UNTUK MEMBUKA PERCAKAPAN DENGAN TAMU.
0 comments:
Post a Comment