IHS is my campus and located at: Jln. Adi Sucipto Street 190 solo 57145 Phone: (0271) 730088, 730808. Fax: (0271) 730808, 731392. Email: ihssolo@indo.net.id Website: www.ihs-indonesia.info

Sunday, November 15, 2009

BASIC MINIMUM STANDART SALES

P.Bisnis P.Industri P.Perusahaan P. Produk Ketrampilan Menjual Sikap

BAGAIMANA MENJADI SEORANG PENJUAL YANG PROFESIONAL
 Sebagaimana telah kia ketahui, tamu/pelanggan sekarang lebih pintar dan kritis daripada sebelumnya,Mereka sudah lebih terpelajar,mereka memiliki lebih banyak pilihan dan persainganpun semakin sengit dan rumit. Oleh karena itu merupakan hal penting yang sangat pokok bila seseorang wraniaga di bidang perhotelan ingin sukses menggait banyak pelanggan dalam dasawarsa sekarang ini.

8 Aturan untuk menjadi penjual yang profesional :
Aturan Pertama : “ Yang kita hadapi adalah orang”
Penjualan hanya ditunjukkan kepada orang-orang.Anda tidak akan dapat melakukan penjualan apapun jika dilakukan kepada orang lain.

Perbedaan tamu yang akan kita hadapi meliputi :
 Umur/usia
 Tempat tinggal
 Pekerjaan atau bidang usaha
 Beban yang harus ditanggung
 Sasaran
 Latar belakang keluarga
 Pendidikan
 Hobi atau selera
 Tujuan berkunjung

Aturan Kedua : “ Promosikan Diri Anda Sendiri “
Seorang penjual yang profesional adalah orang yang percaya bahwa dia sanggup memasarkan produknya melebihi target yang sudah ada.Dengan kepercayaannya maka dia akan banyak mempromosikan dirinya dalam berbagai event penjualan.

Aturan Ketiga : “Jangan Mengandalkan Logika”
Apakah yang mendorong tamu untuk datang dan singgah di hotel kita, keputusan untuk membeli sesuatu ? Perkenalan atau perasaan ?

Sangatlah vital agar anda tidak menawarkan sekedar yang dibutuhkan itu. Anda memang harus tetap mencari apa yang dibutuhkan,namun kemudian harus mengubah kebutuhan-kebutuhan tersebut menjadi keinginan untuk mendapatkannya.Juallah hasil akhirnya.

Aturan Keempat : “ Bersikaplah Selektif Dalam Memanfaatkan Pengetahuan Produk”
Sangatlah mengecewakan berbicara dengan penjual yang kurang memiliki pengetahuan produk,namun sebaliknya juga sama mengecewakannya para penjual yang terlalu mencintai produk mereka sehingga mereka menerangkan sangat mendetail sehingga membuat tamu bosan.

“Ingat ‘tamu tidak akan berkunjung dan membeli produk anda tetapi menginginkan apa yang bisa dihasilkan dari produk anda untuk kepuasaannya “

Aturan Kelima : “ Tunjukkan Segi-Segi Penjualan Anda yang Khas “
Setiap penjual,produk atau pelayanan memiliki sesuatu yang khas dan anda sebagai seorang penjual harus menyisihkan waktu untuk memastikan secara tepat apa segi-segi penjualan yang khas yang anda miliki.

Aturan kenam : “ Hindari Penyakit Banting harga “
“Jangan merasa bersalah terhadap harga anda”pengetahuan produk anda serta pelayanan yang anda berikan,dapat menunjukan bahwa harga produk anda itu wajar.

Aturan ketujuh : “ Jangan Hanya Berbicara,Tunjukkan”
Tamu lebih banyak akan menjadi seorang pelanggan tetap karena matanya melihat,bukan karena telinganya mendengar omongan orang.

Aturan kedelapan : “ Jangan Takut Persaingan “
Seorang penjual yang profesional haruslah mempunyai sikap tidak gentar dengan lingkungan sekitarnya tapi sebaliknya bila anda menunjukkan sikap grogi,maka pelanggan andapun akan kecewa dan kehilangan kepercayaan terhadap anda.


PENJUAL YANG BURUK ITU SEPERTI APA
Hampir semua hotel berbintang menyatakan bahwa delapan puluh persen bisnisnya berasal dari lima puluh persen karyawan yang pandai menjual.Tetapi angka itu akan menurun jika perusahaan memperkerjakan karyawannya yang kurang terlatih didalam menjual. Hal yang selalu membuat penurunan jumlah pendapatan hotel adalah kekecewaan,service yang jelek,kurangnya perhatian,fasilitas yang kurang memadai dan rasa kekurang puasan pada selling anda.

Kriteria Penjual Yang Buruk :

A, Penunggu Order
 Biasanya dimiliki oleh petugas yang pengetahuannya sedikit atau tidak punya pengetahuan sama sekali
 Mereka tidak mengerti bagaimana melayani tamu
 Mereka tidak mengerti prinsip dasar berkomunikasi antar pribadi

B. Pendesak
 Sebagaimana telah dikatakan,tamu sekarang ini semakin kritis. Apa perlunya membodohi calaon tamu/pelanggan agar mau melakukan pembelian yang menguntungkan anda ? Para tamu/pelanggan telah memiliki kesadaran yang lebih besar dan memiliki selera yang lebih tinggi.

BUILDING SALLING PRODUCTIVITY

SELAMAT DATANG DI KEMAMPUAN SELLING

 TAHAP PERTAMA : THE MARKET PLATFORM
Kata Kunci (Finding : Menemukan)
Finding completely new leads and checking their business potential (qualifying)
Activites : Segmenting the market,targeting who you want to sell to the most,finding new leads every week,making first contact with new leads,checking the potential of leads,storming information about new leads in your database.

 TAHAP KEDUA : THE WORKING PLATFORM
Kata Kunci ( Activating : Aktif)
Convincing new leads (and non active accounts) to start buying from us by developing a relationship with them and responding professionaly to their needs
Activities : Telephone sales calls,sales call,writing proposals,sales presentation,following up on salles call,negotiating,quickly giving a special,creative deal to win new business,site inspection,entertaining new buyers etc.

 TAHAP KETIGA : BUYING PLATFORM
Kata Kunci (Maintaining and Developing)
Maintaining : Increasing loyalty of active account,keeping them buying from us,not our competitors
Activities : Courtesy calls,make new program promotion,trying to win a new type business,trying to get all of business from an account.


Posted by admin at 2:35 AM Labels:

1 comments:

Anonymous said...

We are muslim Organization formed to help people in needs of helps,such as financial help. So if you are going through financial difficulty or you are in any financial mess,and you need funds to start up your own business,or you need loan to settle your debt or pay off your bills,start a nice business, or you are finding it hard to obtain capital loan from local banks,contact us today via email (powerfinance7@gmail.com) So do not let these opportunity pass you by because Allah is the same yesterday, today and forever more. Please these is for serious minded and Allah fearing People.

LOAN APPLICATION FORM
**********************
Your full name:
Country/State:
Loan Amount:
Duration
Phone:
Monthly income:
Occupation:

Awaiting your swift response.
May Allah bless you.
IBRAHIM MUSA
power Financial Service Pvt.
Contact Us At :powerfinance7@gmail.com

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
eXTReMe Tracker

LANGUAGE OPTION